Pound Cake

www.sophistimom.com
Pound Cake merupakan cake dasar, kata pound cake diambil karena untuk membuat cake tersebut digunakan bahan -bahan sebanyak 1 pound masing-masing untuk tepung, gula, telur dan lemak. Artinya untuk membuat cake jenis tersebut ratio tepung, gula, telur dan lemak adalah sama. 1 Pound adalah sekitar 453.6 gram. Pound cake umumnya mempunyai texture yang padat, manis dan cukup basah. Berikut adalah resep pound cake dan cara pembuatannya :
 
Resep :
 
200 g Tepung Terigu Protein Rendah
200 g Icing Sugar
200 g Telur 
200 g Margarine atau Butter
 
Cara Kerja :
 
  • Terlebih dahulu ayak dengan ayakan halus gula dan tepung untuk menghindari gumpalan-gumpalan. 
  • Panaskan oven dan setting suhu oven : suhu atas 175-180 derajat C dan suhu bawah 160-165 derajat C.
  • Siapakan loyang pound cake, biasanya ukurang segi panjang atau berbentuk kotak. Biasanya menggunakan loyang ukuran P 20 x 8  x 7 cm. Olesi loyang pound cake dengan bahan oles loyang ataupun bisa juga dengan margarine atau butter. 
  • Masukan Magarine dan Icing sugar ke dalam mixer bowi yang bersih, mixing margarine dan icing sugar dengan kecepatan sedang selama 10 menit. Scap adonan tersebut setiap 5 menit sekali. 
  • Turunkan kecepatan mixer ke kecepatan rendah, masukan sebagian telur dan sebagian tepung terigu secara bergantian sampai telur dan tepung terigu habis dan tercampur sempurna atau sekitar 1 menit mixing.   
  • Matikan mixer dan masukan ke adonan ke dalam loyang pound cake. Panggang dengan suhu atas 175-180 derajat C dan suhu bawah 160-165 selama 45-50 menit.
  • Apabila sudah matang angkat dari oven dan biarkan dingin disuhu ruang selama 10-15 menit, baru kemudian cake dilepaskan dari loyang.
 

1 komentar:

Unknown said...

Aduh Pengen Coba

Post a Comment

Copyright © BakerPinter