Mengenal Lebih Dekat Mixer Planetary Mixer

Planetary Mixer
Mixer adalah alat utama untuk pembuatan produk-produk bakery. Mixer berfungsi memadukan bahan sehingga membentuk suatu massa atau adonan yang bisa dibentuk dan atau digunakan untuk tahap berikutnya di proses bakery. Planetary mixer adalah jenis mixer yang paling banyak digunakan di rumah tangga sampai industri ukuran menengah. Planetry mixer tersedia dalam banyak ukuran mulai dari 3 kg sampai 50 kg atau lebih. Planetary mixer umumnya mempunyai fitur yang cukup komplit dan banyak digunakan mulai dari ibu-ibu rumah tangga sampai profesional baker. Dalam kesempatan ini penulis ingin mengajak para pembaca untuk bisa mengenal lebih dekat dengan planetary mixer, bagian-bagian dan fungsinya. Berikut adalah bagian-bagian mixer dan fungsinya.

Body Mixer

1. Body Mixer.
Ini merupakan bagian mixer yang paling besar dimana pada bagian ini terletak motor yang menggerakan mixer. Pada bagian ini biasanya dilengkapi dengan tombol pengatur kecepatan. Ada juga jenis mixer yang dilengkapi dengan tombol pengatur waktu.
Mixer Bowl













2. Bowl Mixer
Bowl mixer merupakan tempat mengaduk bahan-bahan yang akan dicampurkan. Biasanya terbuat dari stainless stell dan berstruktur kuat.
Balloon Whisk













3. Balloon Whisk
Balloon whisk merupakan jenis pengaduk yang berbentuk seperti balon udara dari kawat. Jenis pengaduk ini biasanya digunakan untuk mengaduk adonan yang cair seperti cake batter (adonan sponge cake) ataupun butter cream dan menghasilkan batter atau cream yang ringan. Karena design-nya yang seperti balon tersebut udara akan mudah terperangkap di dalam batter atau cream selama proses mixing.
Flat Beater











4. Flat Beater
Jenis pengaduk ini digunakan untuk mengaduk adonan cookies ataupun cake yang padat (pound cake). Dengan menggunakan jenis pengaduk ini, tidak akan banyak udara yang diperangkap namun menghasilkan adonan yang merata.
Dough Hook













5. Dough Hook
Dough hook digunakan ketika akan mengaduk adonan yang sangat lengket, contohnya adalah adonan roti. Dengan menggunakan jenis pengaduk ini, adonan roti akan mudah menjadi kalis dan terbentuk adonan yang sempurna.











4 komentar:

Unknown said...

terimakasih infonya mengenai mesin mixer roti planetary :D

Unknown said...

ada jual balloon whisk nya aja?

Unknown said...

Jadi lebih tau makasih infony

Unknown said...

Saya butuh balon wisk nya aja

Post a Comment

Copyright © BakerPinter