Bedanya apa sih antara baking soda dan baking powder?

Soda Kue
Baking Powder
Baking Soda












Semangat Pagi...,
Topik pembahasan pagi ini cukup ringan, sebelum saya mengerjakan pekerjaan yang sudah setumpuk menunggu untuk diselesaikan, mari kita bahas topik ringan namun menarik ini. Pagi ini kita akan membahas tentang Bedanya Baking Soda dan Baking Powder. Topik ini terinspirasi dari kejadian kemarin pas saya belanja bahan-bahan kue di toko bahan kue di sebuah pasar di Lippo Cikarang. Pas saya sedang sibuk cari bahan-bahan kue, datanglah seorang ibu yang datang ke toko dan bertanya sama pemilik toko, "Ko ada baking soda ga?". Pemilik toko menjawab "Banyak tuh, yang kalengnya merah di rak situ" Kata pemilik toko sambil menunjuk rak dibawah tempat si ibu berdiri. Si Ibu langsung dengan sigap mengambil barang yang ditunjuk si engko pemilik toko, sebuah botol kaleng berwarna dominan merah dengan ada beberapa garis kuning dan tulisan hitam...Si ibu mengamati dengan seksama botol kaleng tsb, kayanya si ibu membaca tulisan2 yang ada di permukaan kaleng tsb. si Ibu dengan spontan bertanya "Ko, ini khan baking powder, yang saya cari baking soda ko?" Pemilik toko dengan santai menjawab "Itu sama aja bu, baking powder sama baking soda sama bu, orang2 juga carinya itu".  "Engga ah Beda..." kata si ibu sewot..."Sama bu..saya khan udah jualan lama"....Si ibu tetep kekeh menjawab "Beda ko, Beda...kata teman saya beda, isinya beda katanya" Kata SI Ibu sembari sewot.....

Nah belajar dari cerita itu memang untuk bahan tersebut kebanyakan orang menyebutkan bahan tersebut secara berbeda beda, ada yang menyebut baking soda, baking powder, atapun soda kue. Walaupun sebenarnya menjelaskan bahan yang sama. Seperti kita membeli pasta gigi dan bilang cari pespsodent atau beli shampo tapi kita bilang sunsilk...eh tapi sama ga ya kasusnya...ahh gitu deh..artinyanya bahan-bahan itu kelewat mirip jadi orang suka salah nyebutinnya, atau juga orang seringnya nyebut merek daripada jenis barangnya sendiri..

By the way busway....memang soda kue itu mungkin yang dimaksud adalah baking soda, namun baking soda sedikit berbeda dengan baking powder walaupun fungsinya sama. Secara fungsi kedua jenis bahan tsb baking soda dan baking powder mempunyai fungsi mengembangkan adonan kue dan cookies pada saat dipanggang, perbedaannya terdapat pada bahan-bahan yang terkandung dalam baking soda ataupun baking powder tsb. Baking soda biasanya mengandung 100% bahan pengembang/soda biasanya yaitu Sodium Bicarbonate/Natrium Bicarbonate atau Na2CO3. Sedangkan Baking Powder biasanya mengandung satu bahan soda/pengembang/alkali base yaitu Natrium Bicarbonate dan Satu atau lebih Pengembang Asam/Leavening Acid/Acid Base, biasaya MCP (Monocalcium phosphate) atau SAPP (Sodium Acid pyrophosphate) atau  bisa juga SALP (Sodium Aluminium phosphate) atapun bisa juga citric acid. Selain mengandung satu jenis pengembang dan satu atau lebih pengembang asam, di dalam baking powder juga mengandung filler atau bahan pengisi yang biasanya menggunakan Starch atau pati. Bahan pengisi ini berfungsi untuk mencegah reaksi antara bahan pengembang (alkali base) dengan bahan pengembang asam (Acid Base) sebelum bahan tersebut digunakan di dalam adonan. 

Kenapa ko ada bahan leveaning acid segala pada baking powder? apa fungsinya? Teorinya adalah baking soda atau sodium bicarbonate akan efektif berfungsi apabila bahan soda tersebut  bertemu dengan komponen asam/leavening acid/acid base disertai dengan adanya panas. Pada saat kue dipanggang sodium bicarbonate akan memproduksi gelembung udara pada adonan yang berasal dari terlepasnya komponen CO2 dari sodium bicarbonate, sedangkan leavening acid atau acid  base akan mengontrol jumlah dari CO2 atau gelembung udara yang dikeluarkan.  

Baking powder yang mengandung hanya satu jenis leavening acid/acid base/pengembang basa biasanya disebut single acting baking powder, dan apabila mengandung dua atau lebih leavening acid/acid base/pengembang basa biasanya disebut double acting baking powder. 

Nah bagaimana kalau di kita ingin merubah resep yang tadinya menggunakan baking soda menjadi menggunakan baking powder atau kebalikkanya. Secara teori baking soda digunakan lebih sedikit dibandingkan dengan baking powder karena kandungan baking soda murni 100% sodium bicarbonate, namun sodium bicarbonate akan lebih effektif apabila digunakan berbarengan dengan komponen asam/leavening asam (Citric Acid). 

Demikian penjelasan saya semoga bermanfaat...apabila ada kesalahan mohon dimaafkan...

Salam,,,
BakerPinter...

6 komentar:

Buleipotan said...

makasih ilmunya :)

Unknown said...

Kalau pure baking soda merk arm & hammer di Jakarta ada tidak

Unknown said...

Kalau pure baking soda merk arm & hammer di Jakarta ada tidak

Unknown said...

Kalau pure baking soda merk arm & hammer di Jakarta ada tidak

Selalu Ada Harapan said...

Di singapore banyak.... mau dikirim??😅

Selalu Ada Harapan said...

Di singapore banyak.... mau dikirim??😅

Post a Comment

Copyright © BakerPinter